BNN Kabupaten Bandung

Kota Bandung terletak di wilayah Jawa Barat dan merupakan  IbuKota  Propinsi Jawa Barat. Kota Bandung terletak di antara 1070° 36 Bujur Timur dan 6055° Lintang Selatan dengan luas wilayah 16.729,65 Ha, terdiri atas 30 Kecamatan dengan jumlah penduduk 2.329.928 jiwa.
Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat  dan merupakan kota terbesar ketiga di  Indonesia setelah  Jakarta  dan  Surabaya menurut jumlah penduduk.
Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini, dan saat ini kota  Bandung  berangsur-angsur  juga  menjadi kota wisata  kuliner. Kota Bandung
merupakan salah satu kota tujuan wisata utama.
Sebagai daerah tujuan wisata, berbagai wisatawan baik yang datangnya dari daerah lain yang ada di Indonesia maupun wisatawan mancanegara datang berkunjung ke Bandung.
Dari segi negatif, pergeseran budaya lokal mengadopsi budaya asing menjadi trend di kalangan kawula muda yang memunculkan perilaku menyimpang dari norma adat ketimuran.
Bertolak dari hal tersebut, peluang untung penyalahgunaan narkoba di Kota Bandung sangat besar. Olehnya itu diperlukan perhatian dan penangan yang serius secara terpadu untuk meminimalisir penyalahgunaan narkoba di wilayah Kota Bandung, baik dari segi peredaran maupun penggunaannya.
Pemerintah pusat melalui Badan Narkotika Nasional (BNN) merespon permasalahan tersebut dengan membentuk Badan Narkotika Nasional Kota Bandung pada tanggal 16 September 2013 bersamaan dengan dilantiknya kepala Badan Narkotika Nasional Kota Bandung dan Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota seluruh Indonesia sebanyak 25 (dua puluh lima) BNNKab/Kota, dimana dasar pembentukan 25 (dua puluh lima) BNNKab/Kota yang baru tersebut adalah surat persetujuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, nomor B/2225/M.PAN-RB/7/2013 tentang Pembentukan 25 (dua puluh lima) Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota tanggal 4 Juli 2013 tingkat Nasional yang mana saat ini di Provinsi Jawa Barat BNNK Kab/Kota yang telah di bentuk sebanyak 11 BNNK Kab/Kota dari 27 Kab/Kota.
Badan Narkotika Nasional Kota Bandung adalah instansi vertikal Badan Narkotika Nasional yang melaksanakan tugas, fungsi dan wewenang Badan Narkotika Nasional dalam wilayah Kota Bandung. BNN Kota Bandung berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Narkotika Nasional melalui Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi.
 
B.   Dasar Hukum
       Beberapa ketentuan yang menjadi landasan BNN Kota Bandung dalam menjalankan tugas dan fungsinya diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika;
  2. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2010 Tentang Badan Narkotika Nasional;
  3. Peraturan Kepala Badan Narkotika Nasional Nomor 03 Tahun 2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Narkotika Nasional Provinsi dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota, atas Perubahan Peraturan Kwepala BNN nomor: 06 Tahun 2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Narkotika Nasional Provinsi dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota,
  4. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2013 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika;
  5. Surat dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, nomor B/2225/M.PAN-RB/7/2013 tentang Pembentukan 25 (dua puluh lima) Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota tanggal 4 Juli 2013.

 
C.   Kedudukan, Tugas, Fungsi, Wewenang dan Susunan Organisasi BNN Kota Bandung
       Gambaran mengenai  kedudukan, tugas, fungsi, wewenang dan susunan organisasi BNN Kota Bandung adalah sebagai berikut :
 

  1.            
  2. adan Narkotika Nasional Kota  (BNNK) Bandung adalah Instansi vertikal Badan Narkotika Nasional (BNN) yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP). Jawa barat. Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Bandung  dipimpin oleh seorang Kepala.

           
       2.  Tugas
            BNN Kota Bandung melaksanakan tugas, fungsi dan  wewenang BNN dalam wilayah Kota Bandung.
 
 
       3.  Fungsi
            Dalam  melaksanakan  tugasnya, BNN Kota Bandung menyelenggarakan   fungsi  :

  • Pelaksanaan koordinasi penyusunan rencana strategis dan rencana kerja tahunan di bidang P4GN dalam wilayah Kabupaten/Kota;
  • Pelaksanaan kebijakan teknisdi bidang pencegahan, pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi dan pemberantasan dalam wilayah Kota Bandung;
  • Pelaksanaan layanan hukum dan kerja sama dalam wilayah Kota Bandung;
  • Pelaksanaan koordinasi dan kerja sama P4GN dengan instansi pemerintah terkait dan komponen masyarakat dalam wilayah Kota Bandung;
  • Pelayanan administrasi BNN Kota Bandung;
  • Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan BNN Kota Bandung.

 
D.   Visi, dan Misi BNN Kota Bandung
 

Visi :
  • Mewujudkan Masyarakat Kota Bandung Yang Sehat, Bebas Dari Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba menuju Kota Bandung sebagai Kota Jasa yang Bermartabat (Bersih, Makmur, Taat dan Bersahabat)”.

 

 Misi
  • Menyatukan dan Menggerakkan Segenap Potensi Masyarakat Kota Bandung Dalam Upaya Pencegahan, Rehabilitasi, dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba”.

      
E.   Struktur Organisasi
 
               Susunan organisasi BNN Kota Bandung terdiri atas : Kepala, Subbagian Umum, Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Seksi Rehabilitasi dan Seksi Pemberantasan dengan struktur organisasi sebagai berikut
 
 

 

 

 

Badan Narkotika Nasional Regional Kabupaten Jawa Barat



SISTEM INFORMASI REHABILITASI TERPADU JAWA BARAT