Kamus Narkoba

  • Shabu (Sabu-sabu)

    Shabu dan ekstasi tergolong ATS (Amphetamine Type Stimultans) yang memicu kerja otak.
    Shabu adalah istilah gaul untuk methamphetamine dibuat oleh pabrik gelap sebagai bahan sintetis (bahan kimia murni) berupa bubuk, tablet atau kristal bening.

    Bentuk penyalahgunaan: ditelan, dihirup melalui hidung, dihisap sebagai rokok atau disuntikkan.

  • Morfin

    Morfin berasal dari kata morpheus ( dewa mimpi ) adalah alkaloid analgesik yang sangat kuat yang ditemukan pada opium. Zat ini bekerja langsung pada sistem saraf pusat sebagai penghilang rasa sakit.

  • Kokain

    Kokain merupakan berasal dari tanaman Erythroxylon coca di Amerika Selatan. Biasanya daun tanaman ini dimanfaatkan untuk mendapatkan efek stimulan, yaitu dengan cara dikunyah. Kokain dapat memicu metabolisme sel menjadi sangat cepat.

    Kokain mempunyai 2 bentuk, yakni :

  • Ganja (Cannabis)

    Ganja berasal dari tanaman cannabis sativa yang berwarna hijau saat masih segar, dan menjadi kecoklatan bila dikeringkan.
    Getah (resin) ganja atau hashis adalah getah pucuk bunga tanaman ganja kering, yang dijadikan bubuk atau dimanfaatkan menjadi lempeng seperti kue, atau bulat seperti bola. Minyak hashis adalah cairan yang diambil dari tanaman ganja kering atau getahnya.

  • Ekstasi

    Ekstasi adalah bahan psikoaktif yang bersifat stimulan (memacu kerja otak). Biasanya dibuat oleh pabrik gelap, sehingga sebutan "ekstasi" tidak lagi mengacu pada bahan tertentu. tetapi beberapa bahan yang memiliki pengaruh yang sama pada pemakainya. Biasanya berupa tablet, dengan aneka bentuk dan ukuran, dapat juga berupa bubuk atau kapsul.

Badan Narkotika Nasional Regional Kabupaten Jawa Barat



SISTEM INFORMASI REHABILITASI TERPADU JAWA BARAT